Ming. Mei 19th, 2024

Timnas Vietnam Ikut Cari Diaspora Setelah Sindir Naturalisasi Indonesia

By Agnes Mar 28, 2024
Para Pemain Timnas Vietnam
Para Pemain Timnas Vietnam

ISTANA GAMING – Tim Vietnam sedang mempertimbangkan untuk menaturalisasi pemain aslinya. Sikap ini kontras dengan komentar sinis sebelumnya terhadap Indonesia.

Pahadal sebelumnya, Vietnam diberitakan kerap menyindir Indonesia mengenai naturalisasi yang telah dilakukan Shin Tae-yong.

Isu naturalisasi memanas menjelang persiapan laga kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia kontra Vietnam.

Para pendekar bintang emas itu mengejek Garuda yang mendapat banyak keuntungan dari pemain luar negeri Eropa.

Bek Vietnam Do Duy Manh memberikan sindirian jika timnya tidak menghadapi Indonesia melainkan Belanda. Doan Van Hau dengan bangga mengatakan bahwa kualitas Justin Hubner cs hanya berada pada level ASEAN.

Fakta yang telah terjadi di lapangan adalah Vietnam tidak berkutik sama sekali di hadapan Indonesia. Golden Star Warriors takluk 0-1 di Jakarta dan 0-3 di Hanoi.

Kemenangan Indonesia tak lepas dari performa gemilang para pemain keturunan. Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen bahkan mencetak gol untuk timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Vietnam.

Media Vietnam seperti Thethao247 mengakui kekuatan fisik dan teknik pemain Indonesia yang membuat Vietnam kesulitan. Peran aktor diaspora Indonesia dan beberapa negara yang melakukan naturalisasi lainnya seperti Malaysia dan Thailand juga tengah di sorot oleh Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Wakil Presiden VFF, Tran Anh Tu turut memberikan komentar

Wakil Presiden VFF Tran Anh Tu mengatakan bahwa Vietnam harus beradaptasi terhadap perubahan dengan menarik pemain keturunan. Diakuinya, hal itu sangat membantu para Gold Star Warriors menjadi lebih baik lagi.

Vietnam sejauh ini hanya memiliki satu pemain keturunan di timnas, yakni Filip Nguyen. Penjaga gawang kelahiran Praha ini memiliki darah campuran Ceko dan Vietnam dan bermain untuk tim Vietnam sejak awal tahun 2024.

“Jelas sepak bola dunia akan berkembang dengan sangat pesat dan tentunya dalam waktu dekat sepak bola Vietnam juga harus berkembang dan mengalami banyak perubahan. Kami sudah menaturalisasi pemain Vietnam, misalnya Filip Nguyen. Kami melihat negara-negara lain dan melihat bahwa mereka juga mengalami perubahan serupa,” kata Anh Tu, dikutip oleh Thethao247.

“Namun VFF bukanlah badan yang bisa menangani masalah naturalisasi. Namun hal ini harus mengikuti Undang-Undang Kewarganegaraan Vietnam. Kami tidak bisa membuat keputusan untuk melakukan naturalisasi terhadap seorang pemain, namun harus bergantung pada apakah pemain tersebut memenuhi syarat sesuai UU atau tidak,” jelasnya.

www.istanagamingbola.info

By Agnes