Ming. Mei 19th, 2024

Pep Guardiola: Kevin De Bruyne Bukan Pemain Terbaik Dunia

By Clara Feb 19, 2024
Pep Guardiola
Pep Guardiola, Manajer Manchester City, dan Mauricio Pochettino, Manajer Chelsea, berpelukan sebelum pertandingan Liga Inggris antara Manchester City dan Chelsea FC di Stadion Etihad pada 17 Februari 2024 di Manchester, Inggris. (Foto oleh Chelsea Football Club/Chelsea FC melalui Getty Images)

ISTANA GAMING – Josep Guardiola baru-baru ini memuji tim Manchester City asuhannya. Sang pelatih menilai Rodri adalah gelandang terbaik dunia karena tak hanya mampu bermain bagus sebagai bek.

Pemain berusia 27 tahun ini menjadi salah satu pemain terpenting di skuad Man City sejak didatangkan dari Atletico Madrid pada 2019.

Rodri sedang dalam performa luar biasa, membuat 237 penampilan dan bermain lebih dari 50 pertandingan dalam tiga sampai empat musim hingga saat ini.

Pemain asal Spanyol ini mungkin tak mendapat perhatian yang sama seperti Erling Haaland, Kevin De Bruyne atau Phil Foden. Namun pentingnya dia bagi tim terlihat dari fakta bahwa Citizens tidak pernah kalah dalam 12 bulan terakhir Rodri bermain.

Tidak mengherankan, Guardiola senang dengan kontribusi dan kinerja Rodri.

Dia juga mengatakan, dia tidak hanya sebagai gelandang bertahan terbaik, tetapi juga gelandang terbaik dunia. Secara harfiah, karena dia melakukan lebih dari sekedar jangkar di lini tengah.

“Menurut saya pribadi, jika para pemain gelandang bertahan atau bek tidak mendapat rating setinggi striker atau nomor 10 maka itu bagus. Namun ketika seorang gelandang bertahan mendapat banyak apresiasi, justru itu tidak bagus,” kata Guardiola.

“Gelandang bertahan harus bermain agresif, untuk dirinya sendiri dan untuk rekan satu timnya, sekaligus membiarkan rekan satu timnya bermain. Inilah peran gelandang bertahan.”

Gelandang Terbaik Dunia Versi Pep Guardiola

Rodri
Rodri telah memainkan peran penting dalam kesuksesan Manchester City, memberikan perlindungan pertahanan serta gol penentu. (Foto oleh Shaun Botterill/Getty Images)

Tak bisa dipungkiri, kontribusi Rodri sangat membantu Man City agar tak kalah. Bukti terbaru, golnya menyelamatkan The Citizens dari kekalahan pada laga melawan Chelsea akhir pekan lalu.

“Semua perhatian harus tertuju pada pemain lini depan, pencetak gol, assist, dll.”

“Tapi Rodri dapat menciptaka  gol di momen-momen krusial, jadi itu pemain yang luar biasa. Dia saat ini adalah gelandang terbaik dunia karena dia bisa melakukan segalanya,” kata Guardiola. 

Pujian Untuk Rodri

Musim terbaik bagi Rodri dalam mencetak gol untuk Man City terjadi pada musim 2021/22. Kala itu ia mencetak tujuh gol di semua kompetisi. Tetapi  pada musim ini, ia berada di jalur yang tepat untuk melampaui rekor tersebut dengan mencetak enam gol.

“Rekrutan yang luar biasa. Sulit untuk bisa memahami bagaimana kami bisa melakukan apa yang telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir tanpa dia.”

Sumber: Metro

By Clara