Sel. Mei 21st, 2024

Prediksi Skor Vietnam vs Indonesia Leg 2 Kualifikasi PD

By Clara Mar 25, 2024
Prediksi Skor Vietnam vs Indonesia
Prediksi Skor Vietnam vs Indonesia

ISTANA GAMING – Jadwal siaran langsung pertandingan Vietnam vs Indonesia  Grup F fase 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026 regional 2  Asia akan berlangsung pada Selasa (26 Maret 2024) pukul 19.00 WIB. Pertandingan akan digelar di My Dinh Stadium, Hanoi, dan dapat di tonton langsung di Siaran lokal RCTI dan live streaming Vision+.

Indonesia bertekad melanjutkan tren positif usai meraih kemenangan tipis 1-0 atas Vietnam pada leg pertama atau matchday ketiga Grup F yang digelar di Jakarta. Kali ini Indonesia ingin meraih poin lebih banyak. Karena jika gagal, peringkat Indonesia berisiko turun. 

Kemenangan pada leg pertama membantu Indonesia menduduki peringkat ke-2 dengan perolehan 4 poin. Namun posisi tim Garuda masih belum pasti. Vietnam di peringkat ke-2 dengan  3 poin dan Filipina di peringkat terakhir dengan 3 poin, keduanya masih mampu mengubah posisi Indonesia. Di satu sisi, Irak yang memiliki 9 poin tak akan tergoyahkan pada pekan ini. 

Hanya akan ada dua tim yang akan melaju ke babak selanjutnya dan mendapatkan tiket otomatis untuk bermain di final Piala Asia 2027. Saat ini putaran 2 Kualifikasi Asia PD 2026 hanya tinggal menyisakan 3 pertandingan lagi.

Jadwal Vietnam vs Indonesia Leg 2 Kualifikasi PD 2026

Indonesia wajib meraih poin jika ingin memastikan mempertahankan posisi 2 besar Grup F kualifikasi Piala Dunia Asia 2026, setidaknya hingga penghujung matchday ke-4. Tim Garuda akan melakukan tugas yang tak mudah. Sebab, Indonesia belum pernah bisa mengalahkan Vietnam di Hanoi sejak tahun 2004. 

Terakhir kali Indonesia mengalahkan Hanoi adalah pada laga penyisihan Grup A Piala AFF 2004. Saat itu, Indonesia dengan dukungan Boaz Solossa berhasil melumat Golden Star Warriors dengan skor 3-0. 

Dengan kemenangan tersebut, Indonesia masuk ke babak semifinal AFF 2004  sebagai juara grup, sedangkan Vietnam harus tersingkir karena hanya menempati peringkat ke-2. 

Sedangkan pertemuan terakhir Vietnam dan Indonesia di Hanoi terjadi pada babak semifinal AFF 2022 (2023). Indonesia bermain imbang 0-0 di Jakarta, kemudian menderita kekalahan 0-2 dari Vietnam di Hanoi. Tentu saja hasil pertandingan tersebut  membuat Indonesia tidak bisa mencapai final saat itu. 

Marselino Ferdinan optimis, Indonesia akan kembali meraih kemenangan

Pemain Indonesia Marselino Ferdinan mengatakan timnya termotivasi untuk membuka kembali keran kemenangan di Hanoi sejak 2004. Pemain KMSK Deinze  menegaskan timnya akan percaya diri penuh menjelang laga kedua melawan Vietnam. 

“Semuanya sudah kami antisipasi dan juga berdiskusi dengan seluruh pemain bahwa kami perlu mengubah pemikiran dan mentalitas. Bermain di Hanoi tidaklah mudah, kami harus fokus pada pertandingan berikutnya dan berharap bisa bermain sebaik mungkin.” kata Marselino seperti dilansir Antara. 

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong bertekad membawa timnya keluar dari kebiasaan buruk  selalu gagal menang melawan Vietnam di Hanoi. “Kali ini saya akan membuktikan bahwa tim Indonesia akan menang di leg kedua,” kata Shin.  

Sejauh ini, Shin sudah dua kali membawa Indonesia meraih kemenangan melawan Vietnam dan itu terjadi pada tahun ini. Kemenangan pertama diraih di Piala Asia 2024 dan kemenangan kedua diraih di kualifikasi Piala Dunia 2026 pada Maret 2024. Sebelum tahun 2024, Shin hanya mencatatkan 2 kali hasil imbang dan 2 kali kekalahan saat menghadapi Vietnam. 

Rasa penasaran pun kini kembali ke pelatih Vietnam Phillipe Troussier. Pelatih ini disebut-sebut sudah tiga kali menghadapi Indonesia, namun hanya kekalahan yang didapatkan. Dua kekalahan Troussier  terjadi saat ia memimpin tim Vietnam, sedangkan satu pertandingan lainnya terjadi saat ia memimpin Qatar.

Prediksi Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia

Indonesia kemungkinan besar masih akan memainkan beberapa pemain yang  bersinar di  leg kedua. Di lini belakang, debutan Jay Idzes  bisa kembali bermain. Sementara Ivar Jenner dan Marselino Ferdinand bisa kembali mendominasi lini tengah. 

Shin Tae-yong berpotensi melakukan perubahan, salah satunya dengan mengembalikan peran utama kepada Pratama Arhan. Bek sayap Suwon FC menjadi salah satu faktor pembeda kemenangan Indonesia atas Vietnam. Sementara beberapa pemain asing seperti Thoh Haye dan Ragnar Oratmangoen berpotensi menjalani debut. 

Di sisi lawan, Vietnam punya kemampuan bangkit dengan menurunkan Nguyen Dinh Bac dan Nguyen Van Toan untuk mengisi lini serang. Di bawah ini adalah susunan pemain yang diharapkan Vietnam melawan Indonesia:

  • Vietnam (5-3-2): Filip Nguyen; Đỗ Hùng Dũng; Pham Xuan Mạnh; Nguyen Van Toan, Bui Hoang Viet Anh, Nguyễn Hoàng Đức, Bui Tien Dũng, Van Luan Pham, Vo Minh Trọng, Nguyễn Thái Sơn, Nguyễn Đình Bắc. Pelatih: Philippe Troussier.
  • Indonesia (3-4-3): Pratama Arhan, Justin Hubner, Sandy Wals, Jay Idzes, Adi Satryo, Rizky Ridho Ramadhani, Thom Haye, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen. Pelatih: Shin Tae-yong.

Head to Head (H2H) Vietnam vs Indonesia

Kemenangan Indonesia vs Vietnam pekan lalu memastikan Tim Garuda unggul dalam 5 perjumpaan terbaru kontra Vietnam. Tercatat Indonesia telah berhasil memenangkan 2 kali pertandingan dan berbalas 1 dari Vietnam.

  • 21/03/24 Indonesia vs Vietnam 1-0
  • 19/01/24 Vietnam vs Indonesia 0-1
  • 09/01/23 Vietnam vs Indonesia 2-0
  • 06/01/23 Indonesia vs Vietnam 0-0
  • 15/12/21 Indonesia vs Vietnam 0-0

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Vietnam

  • 21/03/24 Indonesia vs Vietnam 1-0
  • 24/01/24 Iraq vs Vietnam 3-2
  • 19/01/24 Vietnam vs Indonesia 0-1
  • 14/01/24 Japan vs Vietnam 4-2
  • 09/01/24 Kyrgyzstan vs Vietnam 2-1

Hasil 5 Pertandingan Terakhir Indonesia

  • 21/03/24 Indonesia vs Vietnam 1-0
  • 28/01/24 Australia vs Indonesia 4-0
  • 24/01/24 Japan vs Indonesia 3-2
  • 19/01/24 Vietnam vs Indonesia 0-1
  • 15/01/24 Indonesia vs Iraq 1-3
www.istanagamingbola.info

By Clara