Ming. Mei 19th, 2024

Indonesia Vs Vietnam: Pertarungan Cukup Sulit

By Clara Mar 21, 2024
Indonesia Vs Vietnam: Selebrasi para pemain timnas Indonesia
Indonesia Vs Vietnam: Selebrasi para pemain timnas Indonesia

ISTANA GAMING – Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam 1-0 pada laga kualifikasi Piala Dunia 2026 di Asia. Egy Maulana Vikri menjadi pahlawan Garuda dengan gol tunggalnya.

Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis malam (21 Maret 2024), Indonesia menurunkan Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes sejak awal. Laga ini sekaligus menjadi awal bagi keduanya.

Vietnam menghentikan pertahanan Indonesia di sepuluh menit pertama. Tim Garuda masih terus mengembangkan permainannya di lapangan. Kedua tim juga mengandalkan permainan fisik untuk mempersingkat aksi lawannya. Tidak ada tembakan tepat sasaran sebelum 20 menit.

Indonesia mendapat peluang pertama pada menit 29. Tendangan Rafael Struick ke arah gawang berhasil diselamatkan kiper Vietnam Filip Nguyen.

Kiper Indonesia Muhammad Adisatryo melakukan kesalahan saat memprediksi tendangan bebas Vietnam pada menit ke-44. Ia tidak menangkap bola dengan sempurna, namun untungnya bola berhasil dihalau oleh Ivar Jenner.

Tidak ada gol yang dicetak hingga waktu jeda. Babak pertama berakhir dengan skor 0-0. Di babak kedua, pelatih Shin Tae-yong memainkan Egy, Sandy Walsh, dan Pratama Arhan menggantikan Nathan, Yakob Sayuri, dan Hokky Caraka.

Akhirnya Indonesia Berhasil Jebol Gawang Vietnam

Akhirnya Indonesia Berhasil Jebol Gawang Vietnam
Selebrasi pemain timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Filipina

Keputusan ini berbuah jitu. Lemparan ke dalam Arhan pada menit ke-52 meluncur ke kotak penalti Vietnam dan coba disapu Vo Minh Trong, namun bola liar disambar Egy untuk menjebol gawang Filipina. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Hampir saja timnas Indonesia melalui Arhan-Egy mencatatkan gol kedua bagi Indonesia di menit ke-90. Arhan menusuk ke kotak penalti lewat sisi kiri lalu melepaskan crossing mendatar kepada Egy, namun tembakan pemain Dewa United itu ditepis kiper Filipina.

Sementara itu, upaya timnas Vietnam untuk terus menembus lini belakang Indonesia tak membuahkan hasil. Timnas garuda akhirnya mampu menjaga skor 1-0 hingga peluit panjang dibunyikan. Tambahan tiga poin ini membawa timnas Indonesia naik ke urutan kedua klasemen Grup F dengan mengantongi empat poin dari tiga laga.

Sedangkan Vietnam harus turun ke posisi tiga hanya dengan mengantongi tiga poin. Kedua tim akan kembali bertemu untuk melanjutkan laga di Hanoi pada 26 Maret pukul 19.00 WIB.

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Adisatryo, Ivar Jenner, Justin Hubner, Rafael Struick (Ramadhan Sananta 87′), Jay Idzes, Hokky Caraka (Pratama Arhan 46′), Nathan Tjoe-A-On (Egy Maulana Vikri 46′), Rizky Ridho (Ricky Kambuaya 80′), Yakob Sayuri (Sandy Walsh 46′), Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan.

Vietnam: Nguyen Filip, Nguyen Thai Son, Nguyen Dinh Bac (Vu Van Thanh 61′), Nguyen Hoang Duc; Vo Minh Trong (Ho Tan Tai 73′), Bui Tien Dung (Nguyen Van Toan 82′), Pham Xuan Manh, Do Hung Dung (Le Pham Thanh Long 73′), Nham Manh Dung (Nguyen Tien Linh 61′), Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Ang.

www.istanagamingbola.info

By Clara